Bahaya Stunting bikin merinding



dr.Marina Menjelaskan Stunting
Sebagai seorang anak yang terlahir dengan keturunan memiliki tinggi badan yang cukup tinggi, apakah tinggi badan ku menjadi masalh tersendiri untuk aku. Bisa ku pastikan tidak, terkadang agak malu saja saat tinggi badan tidak seperti teman-teman pada umumnya. Kami 3 bersaudara memang memiliki tinggi yang lebih dibanding dengan teman lainnya, namun tak di pungkiri dari keluarga kami ada yang memiliki masalah terkait tinggi badan.


Jadi seorang anak dari paman ku sudah berumur 5 tahun, kalau dilihat dengan biasa mungkin tidak akan aneh karena mememang tidak ada kelainan. Dari kepala sampa ujung kaki tumbuh seperti anak pada umumnya sampai umur 3 tahun pertama, namun saat memasuki umur 4 tahun pertumbuhan itu seperti melambat. Sedangkan pertumbuhan yang lain tetap meningkat ia berbicara dengan baik dan suaranya bahkan membesar tak seperti anak denga ukuran badan sekecil itu.
Nah apakah ini jadi masalah? Keluarga sempat menkonsultasikan dengan dokter, bagaimana penanggulangan atau agar gilang bisa bertumbuh dengan normal seperti anak seusianya. Dokter mengatakan ini adalah salahsatu keadaan anak tak mendapatkan asupan gizi yang cukup saat hamil atau di sebut Stuting.
Stuting ? Kata yang cukup asingn ditelinga ku dna keluarga, apa bisa kalau di sebut dengan penyakit cebol tak bisa tumbuh lagi? Nah bahayakah yang namanya Stunting itu? Apakah si Stunting bisa dicegah?
Kebetulan sekali, ada kegiatan Flash Blogging yang mengusung Tema Hidup Sehat Dalam Penurunan Prevalensi Stunting yang diadakan di Hotel Novotel baandarlampung oleh Kominfo. Dr. Marina perwakilan Kemenkes dengan gamblang memaparkan tentang Stunting kepada kami semua.
Jadi Stunting secara sederhana dapat dikatakan dengan gagal tumbuh gagal tumbuh yang seperti apakah ini? Gagal tumbuh ini adalah saat pertumbuhan seorang anak tidak sesuai dengan umurnya atau kurang dari umurnya sehingga menyebabkan kegagalan kognitif bagi anak tersebut.
Stunting ini bisa terjadi kalau kualitas 1000 HPK (Hari Pertama Kehiduan) dari seorang anak tidak mendapatkan gizi yang baik. 1000 HPK merupakan periode awal untuk seorang anak dalam memenuhi nutrisi, vitamin serta mineral.
Nutrisi,vitamin serta mineral sebagai penyusun sel-sel yang baik bagi tubuh tak cukup untuk anak tentu pertumbuhan akan terganggu, hal ini bisa pula terjadi karena keadaan ibu yang mengandung mengalami pendarahan sehingga mengalami anemia keadaan tersebut dapat beresiko bayi mengalami stunting.
namun masalah yang dihadapi ini terkait stunting ialah saat tak mudah menganali ciri penderita stunting seccara langsung ataupun dengan keadaan ibu hamil kekurangan gizi. Kondisi inilah yang mengharuskan seorang ibu melakukan deteksi, salahsatu cara deteksi dini bagi pertumbuhan anak ialah dengan rutin membawa anak tiap bulan ke posyandu cara ini lebih mudah untuk mengetahui kemajuan pertumbuhan anak, dan bila pertumbuhan anak tak meningkat dapat di konsultassikan dengan dokter.
Posyandu bisa menjadi media utama untuk mengenali tentang stunting bagi masyarakat yang masih belum mengnal tentang stunting, edukasi ini masih sulit di temui di berbagai tempat sehingga membuat masyarakat merasa asing dan tak tau tempat untuk mengadu tentang keluhan dna masalah yang dirasakan.
Selain kesehatan ibu, dan memastikan nutrisi yang cukup bagi anak tentu peran dari seorang ayah sangat penting. Pernah seorang teman yang berkerja menjadi perawat di sebuah rumah sakit di ruangan anak, mendapati kasus anak meninggal karena keracunan roko dari ayah nya yang seorang perokok.
Nah jelas bangetkan kalau kita harus saling menjaga kesehatan keluarga, Prevalensi Stunting ini bukan tentang indonesia saja tetapi  tentang generasi dan kehidupan yang baik untuk generasi dan keturunan kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Stunting bikin merinding"

Posting Komentar

Terpopuler

Rayakan Hari Anak Nasional Di Pulau Pasaran, Lampung

Saya Anak Indonesia, Saya Gembira Mendung tak berarti hujan, begitulah kira-kira suasana pagi itu sebelum keberangkatan aku menuju...