Belajar Buat Herder, Laman, dan Lebel Blogspot ala blogger pemula


kelas blogger with founder tapis blogger (FLP Balam)


Bagian ini adalah tugas kedua di kelas menulis Blog #2 mbak Naqqiyah Syam. Blog yang belum terlalu lama ku miliki ini kebetulan dibuat tanpa sengaja alias iseng aja biar bisa seperti raditya dika dari blog terus jadi buku (hehe). Blog yang dibuat dengan resep ototdidak menghasilkan wajah yang monoton itulah yang terjadi,sudah berkali-kali aku otak atik pengennya sih biar agak enak dilihat gitu maksudnya. Sayangnya ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan, hasilnya masih belum ciamik menurutku.

Ke kepoan aku sama mbak naqi yang eksis sekali di sosial media (sosmed) yang selalu membagikan kegiatannya bersama tapis blogger jadi makin membuatku kepo tentang ngeblog. Jadi diam-diam aku perhatikan konten-konten apa saja yang ada di blog mbak naqi, mulai dari header, label, laman, gedged sampai warna beground. Awalnya aku mencari panduan via youtube dan google untuk pengembangan blog ini ya itung-itung tutornya gratis gitu.
 
Aku sudah maksud dengan penggunaan label, terus sudah bisa pasang beberapa gedget di bagian samping kolom utama hehe segitu aja aku udah seneng kok. Tapi header dan buat laman biar bisa ada menu-menu pilihan buat pengunjung itu gimana ya???

Aku putus asa, sampai 1 bulan cintaku seperti tak berbalas. Hasil nya blog ku sawangan hehe sampai aku dengan teman-teman dari Forum Lingkar Pena kepo dan ingin sekali belajar dengan founder Tapis Blogger biar bisa ikut hits dan bermanfaat juga tentunya. And than akhirnya hari itu terwujud juga, di rumah makan bengawan rajabasa kami janjian berkumpul dan membawa alat masing-masing dengan tutor yang sudah akrab dan suasana yang santai membuat hari itu mengalir begitu saja kami di beri tahu apa saja yang berpengaruh dengan menggunakan media sosial bagi blog, bagaimana mendapat job, terus apa ke untungan yang punya domain sama yang belum, sampai kami harus menentukan pashion apa yang tepat untuk kita bagikan.

Sampai juga di sesi praktikum, bincang-bincang di atas membuat kami makin semangat mengena blog dan menulis blog. Tak apa kita mulai dari dasar dulu yang penting nanti rajin nulis, hehe soalnya kita belajar dari buat laman dulu dan itupun aku tak langsung memahami maklum saja masih terlalu bingung. Untung ada desi (teman sekampus dan kebetulan anggota FLP juga) yang mengajari ku waktu di perpusytakaan daerah ya lumayan aku jadi paham dan bisa buat laman tanpa coding.
aku,mbak novi, desi serius memperhatikan instruksi mbak naqi


Duh masih belum kece nih tampilan blog nya, di GW kelas menulis blog #2 sudah rame banget sedangkan aku harus bergelut dengan skripsi yang hasrus degera diesekusi. Tapi blog juga perlu diesekusi, masih banyak pekerjaan ini itu (kalah sama ibu muda di blog yang bisa atur waktu ya hiks). Permaslahannya sekarang pada hearder, akhirnya aku buat pakai corel draw X5 walaupun Cuma bisa tempel-tempel doang tapi lumayan lah sam pai kurang lebih 7 kali buat pasang, buat pasang lagi baru deh nemu yang ukuran dan agak sesuai walaupun menurutku belum cantik. Huhu andai saja punya seseorang buat ngajarin ya kayaaaak (hehe abaikan).

tampilan terbaru blog aku yang ala kadarnya


Alhamdulillah tampilan di blog yang alakadarnya itu hasil buatan sendiri, ibarat sketsamnya itu masih kasar banget. Kebetulan kemarin salah satu teman baru meminjamkan buku Panduan Blogging In Syaa Allah akan segera eksekusi deh. 

Kelas Menulis Blogger #2 bersama Naqqiyah Syam.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Belajar Buat Herder, Laman, dan Lebel Blogspot ala blogger pemula"

  1. Waaah mbak . Yg jilbab pink mbak naqi ya ? Beruntungnya mbak bisa belajar langsung sama mbak naqi

    BalasHapus
  2. Iya mba naqi,,, seru banget mba hehe kapan2 bisa ke langsung belajar dgn mb naqi juga

    BalasHapus

Terpopuler

Rayakan Hari Anak Nasional Di Pulau Pasaran, Lampung

Saya Anak Indonesia, Saya Gembira Mendung tak berarti hujan, begitulah kira-kira suasana pagi itu sebelum keberangkatan aku menuju...